Google+ Akan Dihapus, Segera Unduh Data dan Beralih ke Profil Blogger

Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dibuat oleh Vic Gundotra dan Bradley Horowits yang diluncurkan pada 28 Juni 2011. Yang seperti kita ketahui, jejaring sosial yang satu ini mempunyai banyak sekali pengguna, pada tahun peluncurannya pun sudah mempunyai 750 juta pengguna lebih.

Memang kata 'beruntung' sudah tidak berpihak, kabar kurang baik pun datang untuk para pengguna Google+.  Pasalnya Google+ akan dihentikan pada tanggal 2 April 2019. Disana dijelaskan bahwa Google akan resmi menonaktifkan akun Google+ versi konsumen pada April 2019 dikarenakan rendahnya penggunaan dan tantangan untuk mempertahankan produk sukses yang memenuhi ekspetasi konsumen.

Penghapusan Google+ ini akan sangat dirasakan oleh para blogger yang menggunakan Google+ sebagai profil blog mereka. Karena biasanya mereka menggunakan auto share via Google+ yang ada di blogger. Hal itu sangat memudahkan mereka disaat membagikan postingan.

Ketika Google+ dinonaktifkan, semua arsip-arsip yang ada di Google+ juga akan dihapus, entah itu foto atau video. Oleh karena itu pihak google menghimbau untuk para pengguna Google+ untuk segera mendownload arsip-arsip sebelum April nanti. Akan tetapi, backup foto dan video yang ada di Google Foto tidak akan ikut terhapus.

Untuk lebih jelasnya, berikut kutipan dari pengumuman Google.


Menonaktifkan Google+ versi akun konsumen (pribadi) pada tanggal 2 April 2019

30 Januari 2019

Pada Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk menonaktifkan Google+ versi konsumen pada April 2019 karena rendahnya penggunaan dan tantangan dalam mempertahankan produk sukses yang memenuhi ekspektasi konsumen. Kami ingin mengucapkan terima kasih karena Anda telah menjadi bagian dari Google+ dan ingin memberitahukan langkah selanjutnya, termasuk cara mendownload foto dan konten Anda lainnya.

Pada tanggal 2 April, akun Google+ Anda dan semua halaman Google+ yang Anda buat akan dinonaktifkan dan kami akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Arsip Album dan halaman Google+ juga akan dihapus. Anda dapat mendownload dan menyimpan konten Anda, tetapi pastikan Anda melakukannya sebelum bulan April. Harap diketahui bahwa backup foto dan video di Google Foto tidak akan terhapus.

Proses penghapusan konten dari akun Google+ konsumen, Halaman Google+, dan Arsip Album akan memakan waktu beberapa bulan, dan konten mungkin akan tetap ada selama waktu tersebut. Misalnya, pengguna masih dapat melihat beberapa bagian dari akun Google+ mereka melalui log aktivitas dan beberapa konten Google+ konsumen mungkin masih dapat dilihat oleh pengguna G Suite hingga Google+ konsumen dihapus.

Mulai tanggal 4 Februari, Anda tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru. Lihat FAQ lengkap untuk mengetahui detail lebih lanjut dan informasi terbaru menjelang diberlakukannya penonaktifan ini.

Jika Anda adalah pemilik atau moderator Google+ Komunitas, Anda dapat mendownload dan menyimpandata Google+ Komunitas Anda. Mulai awal Maret 2019, data lainnya akan dapat didownload, termasuk penulis, isi, dan foto dari setiap postingan komunitas di komunitas publik. Selengkapnya

Jika Anda login ke situs dan aplikasi menggunakan tombol Login dengan Google+, tombol ini tidak akan berfungsi lagi dalam beberapa minggu ke depan dan, pada beberapa kasus, akan diganti dengan tombol Login dengan Google. Anda tetap dapat login dengan Akun Google di mana pun Anda melihat tombol Login dengan Google. Selengkapnya

Jika Anda pernah menggunakan Google+ untuk memberikan komentar di situs Anda sendiri atau situs lainnya, fitur ini akan dihapus dari Blogger paling lambat tanggal 4 Februari dan dari situs lainnya paling lambat tanggal 7 Maret. Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus mulai tanggal 2 April 2019. Selengkapnya

Jika Anda adalah pelanggan G Suite, Google+ untuk akun G Suite Anda akan tetap aktif. Hubungi admin G SuiteAnda untuk mendapatkan detail lebih lanjut. Anda juga akan segera melihat tampilan dan fitur baru. Selengkapnya

Jika Anda adalah developer yang menggunakan Google+ API atau fitur Login dengan Google+, klik di sini untuk melihat dampak penonaktifan ini pada Anda.

Dari kami semua di tim Google+, terima kasih telah menjadikan Google+ tempat yang spesial. Kami berterima kasih kepada para seniman, pembuat komunitas, dan pemimpin inspiratif yang telah menjadikan Google+ sebagai rumah mereka. Semangat dan dedikasi Anda begitu berarti.

Ayo segera download arsip kamu disini, nanti akan diarahkan ke halaman seperti dibawah.


Kamu tinggal pilih saja dengan mengklik slide button yang berwarna biru. Jika kamu menggunakan banyak produk, klik saja tampilkan lebih banyak produk. Atau jika ingin mengelola arsip terlebih dahulu, tinggal klik kelola arsip yang berada di atas. Jika dirasa file yang akan di download sudah siap, klik berikutnya dan akan diarahkan kehalaman download.

"Mas, kalau Google+ dihapus berarti profil blog pakai profil blogger ya?"

Yaps, untuk saat ini pakai profil blogger saja. Toh memang tidak ada pilihan lain selain menggunakan profil blogger. Tidak tau nanti kalau Google mengeluarkan Google- atau Google>, kalau ada baru gunakan itu untuk kemudahan ngeblog.

Yuk ganti profil blog.


Pergi ke Blogger, kemudian ke setelan dan pilih setelan pengguna. Di samping kanan di bagian profil pengguna pilih blogger kemudian klik edit. Setelah klik edit, kamu akan langsung diarahkan ke halaman baru untuk mengedit profil. Seperti di bawah ini.


Kamu tinggal edit-edit saja. Kalau sudah selesai, langsung klik simpan profil yang berapa di paling bawah. Lalu jika ingin melihat profil, klik profil yang telah diperbarui. Seperti dibawah ini.


Sampai disini cara download arsip dan pindah profil blog sudah selesai. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Related Posts

Load comments

Comments