Huruf Hiragana dan Katakana - Belajar Bahasa Jepang

Assalamualaikum semuanya. Seperti judul artikel ini, sekarang saya akan mengajakan huruf hiragana dan katakana. Perlu diketahui, huruf hiragana dan katakana adalah huruf asli Jepang yang mempunyai beberapa perbedaan, diantaranya dari cara pakai dan segi tulisan. Dari cara pakai, tulisan hiragana dikhususkan untuk kosa kata asli Jepang, misalnya おはよう. Bukan menggunakan katakana seperti ini, オハヨウ. Cara pakai huruf katakana akan sedikit lebih sulit untuk yang awam, tapi harus tetep semangat. Huruf katakana itu di khususkan untuk kata serapan dari kosa kata yang bukan asli Jepang. Contoh dari bahasa inggris, Banana menjadi バナナ, tidak menggunakan hiragana, ばなな. Nah, kemudian perbedaan dari segi tulisan, yaitu hiragana lebih mempunyai lengkungan halus atau sudut-sudut tumpul, kalau katakana mempunyai garis yang sangat tegas atau sudut-sudut lancip. Kamu bisa melihat perbedaannya dibawah ini.

Hiragana Katakana
あ =a い =i う =u え =e お =o ア =a イ =i ウ =u エ =e オ =o

Contoh diatas menggunakan huruf yang artinya sama. Oke deh, daripada kelamaan mending langsung saja.

source:dedendeni21.blogspot.com

Huruf-huruf di dalam gambar adalah huruf hiragana dan katakana .Tapi sebenarnya masih ada huruf yang dikombinasi dengan huruf lainnya sehingga menciptakan bunyi baru dan ada juga huruf yang diberi tanda petik dua (disebut tenten) dan lingkaran kecil (disebut maruten). Contoh がぎぐげご dan パピプペポ.

Contoh dibawah merupakan hasil dari kombinasi dari huruf hiragana dengan yang lainnya sehingga menciptakan bunyi baru. Perkombinasian huruf katakana pun caranya sama saja seperti gambar dibawah.
source:dartmouth.edu


Tidak sampai situ, pengkombinasian di dalam hiragana dan katakana pun masih ada lagi, yaitu menggunakan tsu kecil untuk huruf double. Contoh hiragana, さっき (sakki), やっぱり (yappari). Contoh katakana, ロッカー (rokka), チップ (chippu). 

Oh iya, masih ada lagi nih. Hiragana dan katakana mempunyai bunyi panjang masing-masing, dari cara penulisannya pun berbeda. Misalnya, bunyi panjang di hiragana biasanya huruf vokal diikuti dengan huruf vokal lagi. Contoh, とお (too), りょう (ryou), きゅう (kyuu), dll. Nah, kalau di katakana itu berbeda. Katakana menggunakan seperti simbol strip () untuk menghasilkan bunyi panjang. Contoh,  (teepu), (chiizu), スキ(sukii). 

Itulah gambaran besar mengenai hiragana dan katakana. Untuk yang masih awam, aturan cara pernggunaa dari masing-masing huruf mungkin sangat membingungkan. Tapi tenang saja, saya akan segera share lagi khusus untuk masing-masing rulesnya. Entah itu dari cara bacanya, cara pengucapannya, cara mengkombinasikannya, dan cara-cara yang lainnya.

Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, kamu bisa tulis di kolom komentar. Jika ada masukan mengenai artikel ini pun kamu tulis saja di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Load comments

Comments